Cara-memilih-nama-domain-blog
By shutterstock
Assalamualaikum. Ada 10 tips ataupun Cara Memilih nama domain blog, yang akan kami sampaikan. Kita sebagai blogger yang serius dalam dunia blogger, pastinya nama domain yang keren, singkat, dan mudah diingat oleh masyarakat, tentu adalah sebuah harapan.

Walaupun pada kenyataannya tentang domain TLD, tidak berpengaruh pada seo, namun itu akan menjadi ciri khas tersendiri bagi pemilik blog. Jadi, apabila anda menginginkan untuk membeli domain TLD, berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Jangan menggunakan domain gratisan.

Mungkin dari sahabat blogger sudah tidak asing lagi dengan Domain gratis. Sudah banyak blogger yang membagikan tips mendapatkan domain secara gratis, namun dari kami pribadi, domain gratis sangatlah tidak cocok bagi kita yang akan serius mengelola blog.

Anda yang akan serius mengelola blog, dan menggunakan domain gratisan tentu itu tidak bisa saya yakini bahwa anda akan serius mengelola blog.

Kenapa saya kurang yakin bahwa anda serius mengelola blog, tapi menggunakan domain gratisan, ?

Karena, seseorang yang serius, tidaklah mungkin ragu ragu lagi menggunakan domain yang berbayar. Berbicara tentang domain berbayar, ternyata ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh domain gratisan.
  1. Domain berbayar akan terlihat lebih profesional.
  2. Mudah untuk dipercaya oleh calon pelanggan, apabila blog anda adalah blog untuk jual beli.
  3. Anda akan lebih semangat untuk mengurus blog.
  4. Dll.
Seperti apa sih contoh dari domain berbayar ?.
Domain berbayar yang pada umumnya, adalah COM, NET, ORG, dan masih banyak lagi.
Untuk contoh dari domain gratisan, adalah TK, GA, dan masih banyak pula.

2. Jangan menggunakan nama domain yang ditargetkan untuk ranking di mesin pencari.

Tatkala anda akan menggunakan nama domain yang baik, lebih baik menggunakan nama, organisasi, ataupun perusahaan anda.

Semisal nama anda adalah Mursidi, saya sarankan untuk membuat nama domain seperti contoh berikut ; mursidi.com, mursidi,net. Kalau nama domain tersebut sudah ada yang menggunakannya, yea tinggal diberikan tambahan, semisal mursiditips.com.

Contoh nama domain yang ditargetkan agar bisa ranking di mesin pencari.
Apabila anda akan mengelola blog tentang niche tanaman, atau harga kopi, anda akan menggunakan nama domain " hargakopiterbarudantermurah.com". Itulah contoh menggunakan nama domain yang tidak saya sarankan.

Alasan saya tidak menyarankan untuk membuat nama domain yang ditargetkan untuk mesin pencari.
  1. karena nama domain tersebut sudah tidak berpengaruh lagi di mesin pencari untuk era sekarang.
  2. Seakan-akan anda menyembunyikan jati diri anda.
  3. Calon pelanggan akan sulit mengenali anda, terkecuali dalam blog anda sudah dipasang tanda pengenal, seperti akun facebook, google plus, twitter, dan lain-lain.
Tambahan : Apabila anda akan membuat blog, saran dari saya buatlah blog yang mempunyai niche tertentu. Maksud dari niche tertentu, adalah niche yang tidak campur aduk.

Mungkin ada beberapa alasan tertentu dari beberapa blogger yang mempunyai niche campur aduk, seperti dalam satu blog tapi membahas tentang tips android, komputer, blogger, bisnis, pendidikan, dll.

Tapi saya pribadi kurang tahu apa saja alasan tersebut, dan kalau saya pribadi lebih memilih blog yang mempunyai satu pembahasan atau satu niche.

Maka, apabila diantara sahabat blogger yang sama seperti saya yang lebih menyukai blog satu niche, dari saya ada saran kaitan dengan niche yang ramai dikunjungi. Silahkan dibaca, dan semoga bermanfaat.

3. Jangan meniru nama domain lain.

Hal ini juga perlu diperhatikan, karena bisa saja berakibat yang sangat buruk pada anda. Apabila kita akan membuat domain, lebih baik nama domain yang hasil kreatif kita sendiri.

Percuma saja kita mempunyai nama domain yang ternama, tapi hasi meniru. Sebagai contohnya adalah kita menggunakan nama domain yang sudah populer dimasyarakat, adalah menggunakan nama domain facebook.

Bisa saja kita meniru domain tersebut menjadi facebooktips.com. tapi ingat.. Apabila kita membuat nama domain seperti saya contohkan di atas, itu tidak menutup kemungkinan dari pihak facebook menuntut kita, karena menggunakan nama facebook tanpa izin.

Sudah jelas kan, ? Pada pembahasan ini. Kalau sudah jelas, kita lanjutkan pada tips selanjutnya.

4. Pilihlah nama domain yang sekiranya sudah tidak asing lagi dimasyarakat.

Pada pembahasan yang ini lumayan penting, karena blog kita tidak hanya dikhususkan pada seseorang yang sudah terbiasa mengakses internet.

Yang mana,  sesorang yang biasa menggunakan internet tentu akan sedikit tahu tentang ekstensi domain. Mereka akan sedikit memahami kaitan domain yang diakhiri net, com, org, dan lain-lain.

Tapi bagaimana bagi masyarakat umum yang belum mengetahui lebih luas kaitan dengan ekstensi domain, ?.

Bagi masyarakat umum, mungkin yang sering mereka baca atau diketahui adalah domain yang berekstensi net, com. 
Jadi, saran dari saya adalah gunakan domain yang berakhiran dengan net, ataupun com, karena lebih mudah diingat bagi masyarakat yang belum mengetahui lebih luas kaitan dengan domain blog.
Begitulah sedikit alasan kenapa saya sarankan menggunakan TLD yang sudah familiar dimasyarakat. Tips selanjutnya adalah ;

5. Menggunakan Nama yang unik, tapi mudah diingat.

Apabila niche blog sobat membahas tentang blog, maka buatlah nama domain yang beda dari lainnya. Semisal sobat menggunakan nama domain blogtips.com, karena akan mengulas kaitan dengan blog, menurut saya, nama domain seperti itu sudah banyak yang menggunakannya.

Maka, walaupun blog yang akan sobat kelola, adalah blog yang membahas tentang seo, blog blogger, usahakanlah tetap memakai nama yang unik, imut, tapi mudah diingat.

Seperti yang sudah disinggung di atas, yaitu menggunakan nama, perusahaan, atau organisasi anda. Memang sih tidak ada salahnya menggunakan nama domain sesuai dengan niche blog, tapi sekedar saran dari saya adalah tetap menggunakan nama sendiri, dan keren.

6. Nama Domain yang mudah diketik, dan diingat.

Pembahasan ini masih sama dengan point yang kelima, tapi ada sedikit alasan kenapa lebih baik menggunakan nama domain, yang mudah diketik, diingat, dan mudah diucapkan.

Alasan pertama : Apabila kita sudah menggunakan nama domain yang mudah diketik, tentunya akan mempermudah calon pengunjung blog kita mengunjungi, walaupun hanya barus sekali mengetahuinya.

Semisal pak Ahmad baru sekali mengunjungi blog kita karena pas kebetulan sedang membaca, masih dimungkinkan besar pak Ahmad akan mudah mengunjungi blog kita.

Untuk contoh nama domain yang mudah diingat adalah, Kaskus, Bersosial, dan masih banyak lagi. Coba seandainya nama domain kita susah ingat karena susah terbaca, ? Hehehe . Tentu calon pengunjung blog akan susah mengunjungi kembali.

Contoh nama domain yang susah diingat, yaitu makkss.com, sangsyh.com, dan tentunya masih banyak lagi.

7. Jangan memilih nama domain yang musiman.

Mentang-mentang negara kita sedang populer tentang Full Day School, kemudian kita menggunakan nama domain tersebut, heeeeeeemmm, menurut saya itulah kurang efektif, karena domain musiman yang seperti contoh di atas, mungkin akan tren apabila permasalahan full day school sedang populer, dan ikut surut tatkala permasalahan tersebut sudah adem.

8. Jangan menggunakan Nama Domain yang sudah bisa didaftarkan kembali.

Maksudnya seperti apa sih, kang ?. Kok jangan menggunakan domain yang sudah bisa didaftarkan kembali. Aneh banget ..

Maksudnya seperti ini kang. Apabila ada domain bocahkecil.com, tapi domain tersebut sudah tidak aktif lagi, dan kita bisa menggunakan nama domain tersebut untuk domain kita.

Seperti itulah yang saya maksudkan. Kalau toh kita menggunakan nama domain yang sudah tidak aktif, yang tersedia untuk didaftarkan kembali, hal itu sebenarnya tidak ada masalahnya.

Tapi seumpama domain itu adalah domain yang sudah melakukan spam di google, atau melakukan perkara yang dianggap spam oleh google, bagaimana ?.

Tentunya akan berdampak negatif untuk blog kita, karena nanti blog kita tidak akan muncul di google, dan tidak bisa bekerjasama dengan google Adsense.

Terus bagaimana kalau kita ingin mengetahui apakah domain yang akan kita daftarkan adalah domain yang tidak bekas, ?.

Caranya cukup mudah, yaitu tinggal kunjungi situs ini ;
http://www.isbanned.com/
Tapi mohon maaf, karena disini tidak akan menjelaskan lebih jauh hubungan dengan cara mengetahui domain bekas.

9. Mendaftar pada tempat yang dipercaya.

Ini sangatlah penting untuk dipertimbangkan bagi yang menginginkan membeli domain blog. Sudah tidak jarang lagi para blogger yang kecewa karena sembrono membeli domain.

Mereka tanpa hati-hati, dan tanpa minta rekomendasi dari teman untuk pembelian domain, dan akhirnya kecewa mungkin karena dari segi pelayanan yang kurang memuaskankan, dan masih banyak lagi.

Maka, sebelum anda membeli domain, mintalah pendapat sesama blogger, agar kita tidak merasakan kecewa. Kalau saran dari saya adalah Niagahoster, karena blog saya yang satunya adalah domainnya dari Niagahoster, dan alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah merasakan kecewa.

10. Pendapat saya di atas adalah pendapatnya Mas Sugeng.

Saya setuju dengan pendapatnya mas sugeng kaitan dengan tips memilih nama domain, jadi saya tulis disini sesuai dengan pemahaman saya, dan ditulis dengan gaya tulisan saya sendiri. 
( Tidak Kopas ).

Barangkali ada sahabat blogger yang ingin menambahi, atau mengkritisi dari tulisan saya, silahkan berkomentar dan itung-itung berbagi pengetahuan.

Salam sukses, dan semoga bermanfaat dunia akhirat. Wassalamualaikumwarohmatullohiwabarokatuh.
0 Komentar untuk "Tips Cara Memilih Nama Domain Blog yang Baik, dan Keren"

Terimakasih sudah berkunjung, dan kiranya kurang keren jika anda tidak berkomentar untuk memberikan kritik, saran, dan lain sebagainya. Tapi jangan masukkan link aktif, karena sudah banyak komentar yang saya hapus sebab menggunakan link aktif.