pengertian-produk
Tentang pengertian, dan tujuan Kualitas Produk Menurut Para Ahli. Apakah itu kualitas produk, ?. Dalam sebuah perusahaan pasti memiliki pedoman atau standar kualitas yang berbeda-beda dengan perusahaan lainnya.
Ada beberapa perusahaan yang mengukur standar kualitas produk dari harga, isi produk, fasilitas dan masih banyak lagi. Lalu,

Apakah sebenarnya kualitas produk itu, ?

Berikut adalah beberapa definisi mengenai kualitas produk.
Menurut Feingenbaum (1992: 6) menyebutkan bahwa kualitas produk merupakan seluruh gabungan karakteristik produk dari pemasaran, rekayasa atau perencanaan, pembuatan, dan pemeliharaan yang membuat produk yang digunakan memenuhi harapan-harapan pelanggan.

Sementara menurut Adam and Eberts (1992: 511) berkata, "Product quality is the appropriatenes design specifications of functions and use as well the degree specifications." Seperti yang telah disampaikan oleh Adam dan Eberts dapat disimpulkan bahwa kualitas produk merupakan spesifikasi rancangan yang tepat atau yang layak untuk digunakan sebaik mungkin sesuai dengan spesifikasi.

Menurut Philip Kotler (1992: 55), kualitas produk digambarkan dengan sebuah kalimat sebagai berikut, "quality is the totality of features and characters of a product or service that bear on its ability to satisfy stated or implied needs,"

Yaitu kualitas produk merupakan keseluruhan ciri serta sifat barang dan jasa yang berpengaruh pada kemampuan dalam memenuhi kebutuhan, dan keinginan yang dinyatakan maupun yang tersirat.

Sekarang, apa tujuan kualitas produk, ?.

Anda bertanya tentang tujuan kualitas produk !. Banyak sekali pendapat yang menyebutkan bahwa pemain lama selalu unggul dalam penjualan karena mereka sudah mempunyai nama, yang sudah lama dikenal oleh masyarakat luas.

Apakah pendapat tersebut benar adanya, ?. Lalu, bagaimana dengan produk-produk baru yang semakin hari semakin menjamur,?.

Kualitas, dan merek memang saling berhubungan. Namun, tidak selamanya faktor ketenaran merek menjamin kualitas suatu produk. Ada beberapa produk baru yang penjualannya justru lebih bagus daripada pemain lama. Mari kita buktikan melalui grafik di bawah ini :
pengertian-kualitas-produk
Grafik
Dari grafik di atas bisa diketahui bahwa samsung semakin meroket dan mampu mengalahkan Nokia yang selama ini kita kenal sebagai rajanya ponsel. Namun, sejak 2012, Samsung sudah berhasil menggeser Nokia. Bahkan, hingga 2014 pun, Samsung masih dipercaya sebagai ponsel terlaris. Tentu saja, hal tersebut bukan karena merek, 

tetapi karena persaingan kualitas.

Samsung dikenal sebagai pengusung trend ponsel android yang kini sedang marak dikalangan peminat gadget, terutama anak-anak muda yang terbiasa menghabiskan waktunya untuk bermain game, chat, akses internet, dll.

Menurut AMA ( American Marketing Association), merek hanyalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol, desain atau kombinasi dari semuanya supaya produk dan jasa bisa dikenali dan dibedakan dengan yang lain.

Merek tidak bisa menjamin atau mendongkrak penjualan yang tinggi, tetapi kualitaslah yang dapat melakukannya. Oke cukup sekian dari saya, dan semoga bermanfaat. Sumber bacaan dari buku
MARKETING SUKSES. IDE CEMERLANG SEPUTAR DUNIA PEMASARAN. ARIS MARWANTO. Marketing Consumer Good PT. Wings Food Tbk.
Jika anda menyukai artikel ini, yang berjudul
pengertian-produk-menurut-para-ahli
silahkan dibagikan melalui akun media sosial anda. Mohon maaf, dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, dan kiranya kurang keren jika anda tidak berkomentar untuk memberikan kritik, saran, dan lain sebagainya. Tapi jangan masukkan link aktif, karena sudah banyak komentar yang saya hapus sebab menggunakan link aktif.