tips-sukses-menjadi-seorang-marketing
Marketing Sukses.
Sebelum anda membaca tips atau cara sukses menjadi seorang bisnis marketing, monggo dibaca juga tentang pengertian marketing, dan semoga bermanfaat.

Keberadaan media sosial kini tidak hanya diminati oleh para remaja yang ingin semakin terlihat eksis di dunia maya, tetapi juga diminati oleh para penggerak bisnis lainnya. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa 70 persen dari perusahaan-perusahaan memiliki tim yang didedikasikan untuk mengurus media sosial.

Hal tersebut membuktikan bahwa media sosial memang sangat membantu untuk sebuah perusahaan, terutama dalam hal pemasaran produk-produknya. Kemudian, jika anda ingin menjadi

seorang yang sukses dalam dunia marketing,

Maka yang harus anda lakukan, adalah sebagai berikut.
  1. Inisiatif, dan kreatif.
  2. Non Promotion Posting.
  3. Tulislah Postingan anda dengan sebaik-baiknya.
  4. Jadilah komunikator yang tahu adat.
  5. Bersikaplah adil, dan bijaksana.
  6. Adanya tim khusus yang fokus pada marketing media sosial.
  7. Beranikanlah diri anda untuk beriklan dengan jasa orang lain.
  8. Buatlah anggaran khusus untuk beriklan di media sosial.
  9. Jadikan pengalaman, dan testimoni pelanggan sebagai senjata utama marketing melalui media sosial.
Dari kumpulan tips di atas akan saya sampaikan secara perincian di bawah, dan silahkan baca, dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Tujuan saya menulis secara perinci atau lebih detail, harapan saya, supaya anda bisa mempunyai tasawur atau pandangan.

Maksud dari inisiatif, dan kreatif.

Salah satu contoh inisiatif, yaitu memberikan pujian kepada pelanggan, baik itu yang berkomunikasi dengan bertatap mata langsung, atau yang hanya dengan media sosial.

Sementara pengertian dari kreatif, yaitu terus berusaha agar pelanggan tetap betah mengunjungi situs web anda, dan mengoptimalkan agar media sosial benar-benar bisa menjadi marketing yang efektif, dan efisien. Sebagai contohnya dengan memberikan bingkisan, hadiah, mengadakan polling, dan lain sebagainya.

Maksud dari non promotion posting.

Untuk menghindarkan rasa bosan dalam diri pelanggan, sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering mempromosikan produk anda. Para pengunjung situs web atau blog pasti akan bosan jika anda terlalu sering melakukan promosi.

Dalam artian. Pengunjung blog akan merasa bosan apabila terlalu sering disuguhkan postingan-postingan yang berbau promosi. Jika pengunjung sudah merasakan bosan, tidak menutup kemungkinan pengunjung tidak akan kembali lagi ke situs blog anda.

Tulislah Postingan Anda dengan sebaik-baiknya.

Meskipun hanya promosi di media sosial, anda harus tetap perhatikan tulisan anda. Perhatikan pemenggalan katanya, tanda bacaan, penulisan hurufnya, dan lain sebagainya.

Mungkin akibat dari kesalahan yang anda buat tidaklah besar, tetapi akan mengurangi sedikit kredibilitas anda di mata pelanggan. Lebih-lebih jika anda salah meletakkan tanda bacaan seperti titik, koma. Jika sudah salah meletakkan titik, koma, maka bisa dimungkinkan bacaan atau postingan anda akan sulit dipahami.

Jadilah komunikator yang tahu adat.

Jika anda bergabung ke dunia media sosial, anda harus memahami berbagai macam etika, sopan santun, kode etik, dan tata cara berkomunikasi di media sosial.

Ketika anda sedang chatting dengan pelanggan, usahakan untuk tidak memotong pembicaraannya. Dengarkanlah dulu apa yang ingin mereka sampaikan. Jika mereka sudah selesai menyampaikan pendapatnya, baru anda bisa menanggapi pendapat tersebut.

Kita harus bisa menanggapi pendapat atau keluhan mereka dengan rasa ikhlas, senang, karena keluhan atau pendapat mereka bisa kita jadikan sebagai ajang perbaikan bisnis kita. Apabila kita tidak mau dikritik, diberikan saran oleh calon pelanggan, maka terkadang mereka akan merasa bosan kepada kita.

Bersikaplah adil dan selalu bijaksana.

Jika ada dua orang atau lebih yang sedang berkomunikasi dengan anda, berlakulah adil terhadap keduanya. Jangan terlalu fokus pada satu pelanggan, tetapi berlaku adil, dan bijaksana.

Apabila anda hanya terfokus kepada salah satu pelanggan, maka bisa jadi pelanggan lainnya akan merasakan kecewa, dan meninggalkan anda. Tentu, hal ini sangat merugikan bisnis anda, jika sampai ada salah satu pelanggan yang kabur.

Adanya tim khusus yang fokus pada marketing media sosial.

tips-sukses-marketing
Tim Marketing.
Milikilah sebuah tim khusus yang hanya fokus kepada marketing media sosial. Kehadiran tim khusus tersebut tentu saja dapat mempermudah tim pemasaran lainnya agar lebih fokus pada bidang yang digelutinya.

Tugas dari tim khusus, adalah untuk memasang atau membuat posting-postingan yang terkait dengan produk baru, menambahkan orang menyukai halaman facebook, atau merespon komentar orang terhadap postingan, dan masih banyak lagi.

Dalam marketing media sosial, tim khusus ini peranannya memang sangat penting. Mereka tidak hanya dituntut harus selalu update dengan kecanggihan teknologi, tetapi mereka juga harus bisa berkomunikasi, baik itu ketika di dunia maya, atau dunia nyata.

Tim khusus inilah yang menjadi ujung tombak marketing melalui media sosial. Kemampuan mereka mengekspresikan diri dan memvisualisasikan produk di dunia maya menjadi modal dasar yang harus dimiliki dan terus dikembangkan seiring dengan perkembangan teknologi.

Beranikanlah diri anda untuk beriklan dengan jasa orang lain.

Ketika anda belum memiliki banyak mengikuti, maka beranikanlah diri anda untuk menggunakan jasa orang lain dalam mengiklankan produk. Hal tersebut jauh lebih efektif daripada anda harus mengiklankan sendiri, tetapi tidak berhasil.

Awalnya, mungkin anda akan merasa ragu atau bahkan mempunyai rasa takut terkena tipu oleh orang yang memberikan jasa iklan. Tapi, jika anda lebih hati-hati memilih jasa iklan, insya allah, perihal penipuan tidak akan terjadi.

Maka, sebelum anda memilih untuk membayar jasa iklan, yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, adalah tentang kepercayaan dan kualitas dari orang yang menyediakan jasa iklan tersebut. Ini akan mencegah dari perbuatan yang anda tidak inginkan, seperti penipuan, dll.

( Pemasaran) Buatlah anggaran khusus untuk beriklan marketing.

Sebelum anda melakukan pemasaran di media sosial, tidak ada salahnya jika anda membuat anggaran tersendiri untuk melakukan marketing. Hitunglah terlebih dahulu biaya koneksi internet yang anda gunakan, dan pulsa.

Tambahan. Jika anda membuat postingan, jangan lupa memasang photo yang berkaitan, dan akan lebih baiknya lagi menambahkan sebuah video.

Yang terakhir adalah jadikan pengalaman dan testimoni pelanggan sebagai senjata utama marketing.

Anda bisa memanfaatkan komentar atau testimoni pelanggan atau orang-orang yang melihat postingan anda. Jadikanlah testimoni tersebut sebagai senjata utama dalam pemasaran produk sehingga dapat menarik minat orang lain yang sedang melihat postingan anda.

Biarkan testimoni tersebut terlihat seperti apa adanya. Janganlah mengedit atau mengarahkan testimoni tersebut untuk menciptakan image positif terhadap produk anda.

Biarkan testimoni yang memang merupakan pengalaman dari pelanggan tersebut ditulis apa adanya, karena hal tersebut justru dapat menarik pelanggan baru. Sedemikian yang dapat saya sampaikan, dan bacaan tersebut bersumber dari buku
MARKETING SUKSES. ide cemerlang seputar dunia pemasaran. Aris Marwanto. Marketing Consumer Good PT. Wings Food Tbk.
Salam sukses, dan silahkan bagikan ke media sosial anda.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, dan kiranya kurang keren jika anda tidak berkomentar untuk memberikan kritik, saran, dan lain sebagainya. Tapi jangan masukkan link aktif, karena sudah banyak komentar yang saya hapus sebab menggunakan link aktif.