cara-bisnis-online
Pixabay.
Adakah cara sukses bisnis online gratis, dan tanpa modal, ? Jika anda mempunyai pertanyaan seperti itu, tentu jawabannya ada, tapi kalau yang anda maksudkan adalah tanpa modal uang. Kalau yang anda maksudkan tanpa modal uang, sebenarnya banyak sekali peluang bisnis online yang bisa anda coba, dan tidak membutuhkan uang untuk memulainya. Dari pengalaman pribadi, karena sering menggunakan internet untuk beraktivitas, alhamdulillah, sedikit, dan banyaknya sudah mengetahui sesuatu hal yang baru, seperti mempunyai ide untuk mempunyai penghasilan dari internet. Berikut akan saya tuliskan perihal bisnis online, yang tentunya menggunakan internet.

1. Membuat Blog, dan manfaatkan situs iklan, seperti pemendek url, google adsense dan masih banyak lagi untuk melakukan bisnis online.

Tahukah anda apa itu blog, ?. Mungkin, dari salah satu pengunjung yang ada di sini belum mengetahui apa sih yang dinamakan blog. Jadi, jika anda belum mengetahui apa itu blog, maka saya akan berikan contohnya. Blog adalah sesuatu yang mungkin sering anda kunjungi melalui google. Jadi, jika anda pernah mencari suatu bacaan di google, dan membacanya, maka yang sedang anda baca, adalah blog, website, situs.

Bagaimana caranya bisnis online melalui blog, ?. Agar anda bisa memulai bisnis dengan membuat blog, maka salah satu caranya yaitu memanfaatkan google adsense. Ketika anda sudah mempunyai blog, anda bisa mendaftar ke google adsense, dan siap-siap mendapatkan uang dari google adsense.

Tapi, jika anda belum mempunyai blog, maka silahkan mampir ke sini " Cara Mudah Membuat Blog, dan silahkan dibaca, semoga bisa membantu. Sekedar tambahan. Jika kita sudah mempunyai blog, kita jangan gampang menyerah apabila dalam tahap pendaftaran google adsense seringkali ditolak oleh google adsense.

Google adsense adalah termasuk situs iklan yang membayar kepada publishernya. Tapi, sebenarnya masih banyak situs periklanan, dan salah satunya adalah situs pemendek atau penyingkat url. Adapun salah satu situs pemendek url yang saya gunakan adalah situs luar negeri. Lebih jelasnya, bisa melakukan pendaftaran di sini " Situs Pemendek Url yang saya gunakan, dan bayarannya lumayan gede ". Untuk contoh situs pemendek url, anda bisa lihat di sini, dan perhatikan.

Mohon maaf apabila saya tidak menjelaskan secara lebih detail kaitan google adsense, dan situs pemendek url seperti yang sarankan di atas. Jika anda ingin mengetahui lebih luasnya, silahkan mencari di google. Intinya, saran saya yaitu daftar terlebih dahulu situs pemendek url di atas, karena, kalau sudah mendaftar, kita akan tenang, dan mendapatkan akun pribadi.

2. Mendaftar Paytren Ustadz Yusuf Mansur.

Update. Mohon maaf kalau ini tetap dibahas di sini, walaupun pada kenyataannya pendaftaran paytren tidaklah gratis. Tapi, barangkali anda ingin membaca, silahkan dibaca. Jika anda menginginkan bisnis online, maka tidak ada salahnya apabila memanfaatkan paytren untuk memulai bisnis yang sederhana. Kenapa kita mencoba bisnis gede gede-an, apabila tidak mau memulai dengan yang sederhana, ?. Kita boleh saja mempunyai harapan besar agar bisa menjadi pengusaha besar yang sukses, tapi jika anda terlalu menuruti keinginan, dan terlalu berambisi menjadi pengusaha besar yang sukses, tanpa mau mencoba dengan yang kecil, maka perlu anda ketahui.

Mereka yang sudah menjadi wirausahawan atau pengusaha besar saat ini, dahulunya, mereka mau mencoba sesuatu yang sederhana lebih dahulu. Jadi, jangan terlalu berharap menjadi pengusaha gede atau besar yang sukses, jika anda merasa gengsi, malas melakukan yang keci-kecilan. Untuk lebih jelas tentang paytren, anda bisa mencari pengetahuan di google, dan di sana sudah banyak blogger yang membahasnya. Seperti biasanya, saya minta maaf karena tidak menjelaskan lebih jelasnya. Tapi, jika anda mau membaca tentang cara daftar paytren, monggo dibaca di sini, " Cara Mendaftar Paytren Ustadz Yusuf Mansurr ". Tambahan. Mohon Maaf karena kalau anda ingin melakukan bisnis paytren, anda harus menyiapkan modal uang. Jadi mohon maaf sekali lagi, kalau yang ini tidak nyambung dengan judul artikel.

3. Melakukan program dropship tokopedia.

Tahukah anda apa itu dropship ? Dropship adalah salah satu layanan yang bisa anda gunakan untuk bisnis online, dan tidak memerlukan modal uang. Walaupun pada kenyataannya masih banyak lagi toko online yang sudah menyediakan layanan dropship, namun saya hanya menyarankan tokopedia. Intinya, dropship bisa digunakan untuk bisnis online, walaupun tidak mempunyai produk untuk dijual.

Dengan memanfaatkan layanan ini, tentu sangat membantu kita yang ingin mendapatkan uang tapi belum mempunyai produk untuk dijual. Dalam artian, kita bisa ikut mempromosikan produk-produk yang sedang dijual di tokopedia. Ketika ada seseorang yang membeli produk yang anda promosikan tadi, anda akan mendapatkan komisi dari toko pemilik produk tersebut yang anda promosikan. Adapun komisinya itu tergantung dari toko pemilik produk yang anda promosikan tadi. Tapi, kita jangan sembarangan melakukan dropship. Kita harus teliti, cermati, apakah toko pemilik produk yang akan anda promosikan, adalah toko yang dipercaya. Jika kita salah melakukan promosi, maka kerugiannya pun akan anda rasakan. Bukan hanya rugi tenaga, tapi bisa juga nama baik anda akan tercemar, karena mempromosikan produk yang dimiliki oleh toko yang tidak dipercayai, tidak bertanggungjawab, dll.

4. Memanfaatkan media sosial seperti facebook untuk mempromosikan produk orang lain.

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya facebook, twitter, instagram, dan masih banyak lagi. Dan, mungkin juga anda sudah sering melihat sesorang yang melakukan bisnis melalui media sosial tersebut. Jika mereka bisa melakukan bisnis online melalui media sosial, kenapa anda nggak bisa, ?. Jika mereka mampu mempunyai penghasilan melalui media sosial, insya allah, anda juga bisa melakukan seperti apa yang mereka lakukan.

Tapi berhubungan pembahasan ini adalah bisnis online gratis, maka anda tidak perlu membeli produk untuk dipromosikan di media sosial. Anda cukup bekerja sama dengan seseorang yang biasa melakukan promosi di sana. Maksudnya, anda minta izin untuk ikut melakukan promosi produk mereka, dengan ketentuan dan syarat yang anda sepakati bersama dengan mereka. Cara ini hampir sama dengan dropship. Yang membedakan hanya tempat. Dengan prinsip, kita tetap mempunyai tips agar langkah bisnis tidak berhenti di tengah jalan. Jika kita melakukan bisnis atau promosi di media sosial dengan sembrono, tidak menutup kemungkinan apa yang anda promosikan hanya sedikit yang menyukainya.

Seperti apakah usaha online yang menguntungkan ?

Pada bacaan ini sebenarnya hampir mirip dengan judul artikel saya yang ini " Usaha atau bisnis Online yang menguntungkan ", namun di sana adalah sebagai pelengkap artikel ini. Jadi, anda boleh bahkan saran dari saya bacalah untuk memperluas pengetahuan anda tentang usaha online.

Kenapa saya tidak langsung menggabungkan, ? Karena waktu saya sudah menulis artikel tersebut, eh ternyata punya inspirasi baru. Atau kebalikannya. Dalam artian, setelah saya menulis dari salah satu artikel yang judulnya hampir sama ini, saya ingin menulis kembali dengan berbagai alasan. Okey, semoga bermanfaat.

Tambahan # bacaan tentang tips menghadapi kegagalan bisnis, dan kaya ide tapi Miskin Keberanian.


  1. cara-bisnis-online-tanpa-modal

  1. Buku sumber bacaan.
Berani Menghadapi Kegagalan. Ketika kita ingin menjadi pengusaha sukses, maka kita juga harus siap menghadapi kegagalan. Kesuksesan sebenarnya bagian dari tumpukan  kegagalan. Kesuksesan tidak datang begitu saja. Biasanya, kesuksesan datang saat kegagalan demi kegagalan telah menghantam kita.

Kalau kita ingin menjadi pengusaha sukses tetapi tidak tahan banting dalam menghadapi pelbagai badai cobaan, termasuk kegagalan, maka mulai saat ini, berhenti, dan urungkan niat menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha yang sukses itu harus juga menerima, dan menghadapi kegagalan secara bijaksana. Jangan anggap kegagalan sebagai bencana yang akan menghancurkan usaha kita. "Saya gagal sampai 20 kali, dan bangkit lagi." Itulah pernyataan dari pengusaha muda Sandiaga Uno. Ia berbagi tips menjadi pengusaha sukses dalam sebuah forum di KKT APEC 2013.

kita harus bangkit dan bangkit saat kegagalan itu datang. Untuk bangkit, memang butuh keberanian. Mental keberanian itu memang penting karena masyarakat kita terlalu kurang berkompromi dengan kegagalan. Untuk lebih jelasnya, silahkan dibaca di sini " Cara Menghadapi Kegagalan Bisnis".

Kita tidak cukup mempunyai keberanian seperti di atas, melainkan juga kita harus mempunyai keberanian untuk merealisasikan ide-ide yang ada dalam pikiran. Biasanya, ketika kita mempunyai keinginan untuk memulai bisnis, kita mempunyai banyak ide, dan pikiran yang cemerlang. Namun, silahkan dibaca untuk bisa mengambil kemanfaatan tentang, "Kaya Ide, tapi Miskin Keberanian."

"Lebih baik bertindak walaupun sedikit, daripada tenggelam dalam angan-angan ingin bertindak banyak." Itulah salah satu pernyataan Zainal Arifin Toha salah satu motivator ulung dari Yogyakarta. Banyak orang yang mempunyai ide cerdas, brilian, dan cemerlang untuk mendirikan bisnis, tetapi itu hanya ada dalam pikiran, dan angan-angan.

Sebanyak, dan sebagus apapun ide, dan angan-angan yang telah kita miliki, tetapi tidak pernah diimplementasikan di lapangan, maka gagasan itu akan sia-sia. Justru lebih baik seseorang yang bertindak walaupun tak terlalu banyak, daripada terjebak dalam angan rancangan-rancangan besar dalam membangun sebuah usaha.

Ketika kita melihat tetangga yang sukses dalam membangun dan mengembangkan sebuah usaha, kita terkadang terbersit untuk mendirikan usaha pula. Banyak dalam pikiran kita dan gagasan untuk mendirikan usaha. Tetapi, terkadang kita merasa takut untuk memulainya. Ide dan gagasan yang sebelumnya sudah tersusun rapi dalam otak kita, tapi akhirnya dipraktekkan oleh orang lain. Orang yang mempraktekkan gagasan kita pun sukses. Sungguh, kita menyesal karena tidak mempraktekkan gagasan itu sendiri.

Kalau kita ingin menjadi pengusaha sukses, maka kita harus berani mempraktekkan ide-ide cemerlang kita. Sudah saatnya tumpukan-tumpukan teori yang telah kita dapat di bangku sekolah, membaca, dll, terinternalisasi dalam diri kita, dan direfleksikan menjadi sebuah aksi nyata. Sesuatu yang ada di dalam pikiran kita itu tidak akan berarti apapun tanpa melalui praktek. Sekecil apapun tindakan kita untuk memulai bisnis, sungguh lebih berarti dibanding kita hanya berkutat dari pikiran, dan angan-angan belaka.

Mulai saat ini, ubah paradigma berpikir kita. Buanglah jauh-jauh ketakutan akan kegagalan dan resiko kerugian itu. Hargailah gagasan-gagasan berlian kita. Salah satu untuk menghargai gagasan adalah dengan berani mencoba. Lebih baik kita berani mencoba dan gagal dibandingkan dengan gagal mencoba.

Seseorang orang yang berani mencoba dan gagal, seribu langkah lebih maju dibandingkan dengan mereka yang selalu gagal mencoba. Demikian yang dapat saya tuliskan, dan semoga bermanfaat. Tapi ingat..kita jangan sampai meninggalkan kewajiban ibadah kita.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, dan kiranya kurang keren jika anda tidak berkomentar untuk memberikan kritik, saran, dan lain sebagainya. Tapi jangan masukkan link aktif, karena sudah banyak komentar yang saya hapus sebab menggunakan link aktif.