Punya cara berjualan online shop untuk pemula dan lezat dilakukan
Pixabay.
Alhamdulillah. Mari belajar cara berjualan online shop untuk pemula agar bisa istiqomah, dan Insya Allah, sukses. Dan, setelah anda selesai membaca tips jualan online, nanti silahkan baca juga ( cara berjualan atau berdagang yang baik ).
Walaupun kita sudah mempunyai dana untuk modal jualan online, tapi sangat disayangkan apabila kita tidak mengetahui tips spesial untuk bisa mengembangkan toko online. Pada dasarnya, semua bisnis membutuhkan tips tertentu agar bisnis tersebut bisa bertahan, bahkan berkembang. Tapi, berhubungan di sini tentang pembuatan toko online untuk berjualan, maka silahkan simak satu persatu tips berikut ini ;

  1. Tentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dijual.
  2. Membuat toko online.
  3. Membuat topik ataupun Niche pada toko online.
  4. Berikan fasilitas pembayaran yang mudah.
  5. Siapakan produk yang berkualitas.
  6. Mempunyai respon yang baik.
  7. Jangan bosan melakukan promosi.
  8. Bersikap baik dan sopan dalam promosi.
Itulah 9 point yang perlu kita perhatikan. Jangan menganggap remeh sembilan point di atas, kalau ingin usaha online shop kita bisa dilakukan secara istiqomah, dan Insya Allah sukses. Karena, banyak sekali mantan (orang yang gagal) dalam melakukan perdagangan online karena putus asa. Putus asa yang mereka rasakan, mungkin karena faktor waktu, uang, atau bahkan karena tidak melakukan point dasar dalam melakukan jual beli online seperti yang tertulis di atas. Maka dari itu, mari kita pelajari lebih meluas kaitan dengan

1. Tentukan terlebih dahulu tentang produk apa yang akan dijual secara online.

Kita jangan salah memilih produk yang akan dijual, terlebih ketika kita mau menjual produk tersebut secara online. Dan, ketika kita salah memilih produk, maka sedikit sekali peminatnya. Jika produk yang kita jual jarang yang menyukai, tidak menutup kemungkinan kita akan berada dalam kebosanan, karena terlalu lama datangnya calon konsumen.

Semua pengusaha pasti menginginkan kesuksesan, dan kelancaran. Tapi, berhubungan di sini tentang berjualan online, kita juga harus mempunyai tersendiri memilih produk yang akan dijual. Adanya tips sedemikian itu, akan bisa membantu kita tetap istiqomah menjalankan. Adapun tips memilih produk yang akan dijual dan banyak peminatnya adalah ;

1. Memahami karakteristik atau kebiasaan wanita indonesia. Maksudnya seperti apa ? Maksudnya adalah kita harus mengetahui karakter wanita indonesia itu seperti apa. Apakah mereka suka berhias, atau sebaliknya ?. Kalau menurut saya, hampir seluruh wanita menyukai dengan yang namanya kecantikan, keindahan, dan sejenisnya.

Dengan itu, maka salah satu produk yang bisa menjadi pilihan adalah tentang fashion wanita, bedak, dan lain sebagainya. Tapi sekedar tambahan. Ketika kita mau menjual tentang fashion, perhatikan juga bahwa fashion tersebut tidak menyalahi aturan agama. Fashion yang tidak sesuai dengan agama adalah fashion yang ketika dipakai tidak menutup aurat, dan tidak mencegah sahwat seperti pakaian ketat. Lebih baik kita lebih mengutamakan keberkahan, dan aturan agama.

2. Memperhatikan pasaran yang sedang ramai. Semisal, kita punya cukup banyak uang kemudian membeli hp jadul untuk dijual kembali. Tentu, ketika kita melakukan sedemikian itu, tidak menutup kemungkinan hp jadul yang kita beli tadi hanya sedikit peminatnya, karena sekarang zamannya Android. Maka, solusinya adalah membeli Android, karena memang pada kenyataannya yang sedang hangat di masyarakat adalah android, bukan hp jadul.

3. Perhatikan persaingan kita. Kalaupun kita mempunyai banyak uang untuk membeli produk-produk yang banyak peminatnya, tapi ketika kita tidak memperhatikan persaingan, kita akan kalah dalam persaingan. Maksud persaingan di sini adalah persaingan secara sehat. Jadi, sebelum kita memutuskan membeli produk, perhatikan terlebih dahulu harga, kualitas produk pesaing kita. Maka, yang harus kita lakukan kedepannya adalah menjual produk yang tidak kalah kualitasnya dari produk mereka, dan harganya lebih murah. Lebih baik harga murah, dan berkualitas, yang penting banyak konsumen.

2. Membuat toko online.

Setelah kita persiapkan semua dari point yang nomor pertama, langkah berikutnya adalah pembuatan tempat untuk produk online kita. Kan percuma saja kalau mempunyai produk, tapi tidak mempunyai tempatnya ( Toko Online). Pembuatan toko online, saya mempunyai saran yaitu dengan membuat akun tokopedia, halaman facebook. Tapi saya akan membahas sedikit tentang halaman facebook sebagai toko online, karena halaman facebook mudah digunakan. Terlebih, dari pihak facebook menyediakan halaman facebook yang prabayar.

Tidak hanya halaman facebook yang bisa dijadikan toko online. Media sosial lainnya pun bisa, seperti twitter. Dengan kita mempunyai akun twitter, jaringan kita akan lebih luas, dan banyak dikenal oleh orang. Twitter juga tidak kalah penggunanya. Jadi, silahkan membuat akun twitter sebagai tempat usaha online, agar calon konsumen bisa dengan mudah menghubungi kita. Walaupun masih banyak media sosial yang perlu dicoba, tapi kiranya cukup dari saya menyebutkan dua.

3. Membuat topik ataupun niche pada toko online.

Jika kita sudah mempunyai toko online, langkah selanjutnya adalah tetapkan topik. Topik pada toko online sangat diperlukan agar teman, orang lain mengetahui apa saja produk yang kita jual. Adanya toko online tanpa niche, seakan pasar umum. Kita tahu kan, kalau pasar umum menjual semua produk. Ketika kita mau membeli celana, tapi terkadang datangnya ditempat penjualan daging, minyak atau lainnya. Hal ini biasa terjadi bagi pengunjung pasar yang baru.

Mereka terkadang merasa sulit mencari tempat yang khusus menjual celana. Dengan itu, sekarang pasar sudah memisahkan tempat untuk produk-produk tertentu guna mempermudah pengunjung baru. Begitupun juga dengan toko online kita. Ketika kita sudah menentukan topik, maka mereka calon konsumen tidak akan bingung mau pesan produk apa, karena mereka sudah mengetahui produk kita yang dijual, karena membaca topik yang telah kita buat. Contoh topik toko online " Sedia fashion anak-anak, perlengkapan sekolah." Itulah contoh sederhana penerapan niche ataupun topik.

4. Berikan fasilitas pembayaran yang mudah.

inilah cara berjualan online shop untuk pemula dengan memberikan fasilitas pembayaran yang mudah
Pixabay.
Jika kita adalah orang yang biasa bermain internet, mungkin tidak asing dengan yang namanya Paypal. Tapi, bagaimana dengan mereka yang jarang menggunakan internet, dan tidak mengetahui Paypal. Orang yang biasa berselancar di internet saja belum tentu mengetahui tentang Paytren, terlebih mereka yang sibuknya hanya di facebook ?. Tentu, mereka mungkin belum tahu dengan Paypal.

Paypal adalah salah satu layanan online untuk pembayaran, dan penagihan. Jadi, walaupun sudah mengetahui sedikit tentang Paypal, kita jangan menggunakan Paypal untuk proses pembayaran, karena masih banyak yang belum mengetahuinya. Berilah alat pembayaran seperti umumnya, semisal dengan pembayaran melalui bank ataupun Atm. Mungkin, pada point ini sudah bisa dimengerti, dan kita lanjutkan tentang

5. Siapkan produk yang berkualitas.

Menurut anda, manakah yang lebih penting diantara kualitas produk, dan produk murah, ? Jika saya diberikan pertanyaan yang seperti itu, saya akan menjawab secara tegas bahwa yang lebih penting adalah produk yang berkualitas, dan produk yang berkualitas tidak menuntut harga yang mahal.

Mungkin, bukan hanya saya yang lebih mengutamakan kualitas produk, dan saya yakin masih banyak manusia yang sependapat dengan saya, yaitu lebih memilih suatu produk yang berkualitas. Buat apa kalo kita membeli produk murah, tapi tidak berkualitas baik. Paling, tidak lama kemudian kita harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli produk baru sebagai ganti produk murah, tidak berkualitas yang telah kita beli.

Kalau seperti itu, justru akan lebih boros, dan mending membeli produk yang berkualitas walaupun harganya sedikit beda. Karena, ketika kita membeli produk berkualitas, masih dimungkinkan besar akan awet kita pakai. Tapi, sekedar tambahan. Walaupun produk kita sudah berkualitas baik, kita jangan mematok dengan harga yang sangat mahal. Lebih baik harga murah walaupun untung sedikit, yang penting banyak pelanggan.

6. Mempunyai respon yang baik, dan enak kepada konsumen.

inilah cara berjualan online shop untuk pemula dengan memberikan respon yang baik, dan enak
Pixabay.
Apakah usaha online bisa berkembang dengan baik, apabila kita tidak mempunyai respon yang baik kepada konsumen ?. Asal kita tahu, yang dibutuhkan konsumen tidak hanya produk berkualitas, harga murah, tapi kualitas respon kita terhadap mereka sangat dibutuhkan. Dan, kalau kita mencermati akan banyak pengusaha online yang pensiun, tidak menutup kemungkinan salah satu penyebabnya adalah karena tidak mempunyai respon baik.

Ketika kita sebagai penjual, kok tidak mempunyai tanggapan atau respon baik, bagaimana para konsumen akan menyukai usaha kita, ? Ketika mereka sudah merasa seperti itu, tidak suka, malas kepada kita, tentu mereka akan lebih memilih penjual lainnya, karena di sana masih banyak penjual yang mempunyai respon baik kepada para pelanggan. Dengan itu, berilah respon atau tanggapan yang baik kepada konsumen.

7. Jangan bosan melakukan promosi.

Tahukah anda salah satu penyebab pengusaha online yang tenggelam (Gagal), ? Salah satu penyebabnya kegagalan pengusaha adalah lelah melakukan promosi. Khususnya bagi pengusaha yang baru merintis usaha. Jadi, kita tidak boleh mudah menyerah melalukan promosi, walaupun selama promosi tersebut belum membuahkan hasil.

Terkadang, ada seseorang yang berhenti melakukan promosi, karena yang dia rasa tidak membuahkan hasil dalam langkah promosinya. Tapi itu hanya perasaan mereka, karena yang sebenarnya adalah "Promosi yang dilakukan walaupun belum ada hasil, itu adalah proses sebuah kesuksesan." Jadi, tetaplah melakukan promosi, karena itu proses sebuah kesuksesan.

8. Bersikap baik, dan sopan dalam melakukan promosi atau memasarkan produk.

Ini juga point atau nilai penting yang harus kita ketahui. Kita jangan sembarang melalukan promosi. Saya akan curhat sedikit mengenai ini. Dulu, saya pernah menerima pesan pribadi facebook, eh ternyata isinya hanya promosi produk, tapi mereka tidak mempunyai sopan santun. Akhirnya, saya tidak merespon pesan tersebut, bahkan terkadang saya muak dengan perilaku orang yang seperti itu.

Seharusnya, kita lebih mengutamakan kesopanan jika mau melakukan promosi melalui pesan pribadi. Setidaknya ada kalimat pembukaan yang baik, perkenalan, mengucapkan mohon maaf, dan baru melakukan promosi. Setelah kita melakukan promosi melalui pesan pribadi, maka jangan lupakan kalimat terimakasih. Dengan cara seperti itu walaupun agak rumit, tapi banyak yang menyukai, dan tidak ada yang membenci. Kiranya cukup dari saya, dan mohon maaf atas semua kekurangan.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, dan kiranya kurang keren jika anda tidak berkomentar untuk memberikan kritik, saran, dan lain sebagainya. Tapi jangan masukkan link aktif, karena sudah banyak komentar yang saya hapus sebab menggunakan link aktif.