sesudah anda membaca cara mempertahankan pelanggan lama agar tetap loyal, saya sarankan agar membaca juga tips sederhana mempertahankan pelanggan agar setia. Saya sarankan untuk membacanya, karena dalam bacaan tersebut sebagai penyempurnaan pada bacaan yang akan anda baca ini.
Kita tahu sendiri, yang namanya penyempurnaan berarti tidak akan sempurna apabila meninggalkan salah satunya. Maka dari itu sangat disayangkan apabila bacaan yang sudah disediakan di atas anda tinggalkan. Dan tanpa basa basi, mari kita langsung pada point penting dalam rangka menetapkan pelanggan. Adanya point tersebut adalah sebagai berikut ;

1. Produk yang anda punya harus memenuhi kebutuhan konsumen.

Bagaimana para pelanggan lama akan tetap setia, apabila sesuatu yang mereka beli tidak sesuai dengan keinginan hatinya. Dengan itu, kita harus cerdas mengetahui apa saja yang mereka perlukan dalam produk kita. Semisal, ketika kita adalah pengusaha dagang makanan, atau minuman, kita harus mengetahui apa saja kesukaan mereka. Dalam artian, ketika kita menjual minuman kopi panas, kita diharuskan mengetahui dari perbedaan hobi pelanggan.

Hobi pelanggan tidak semuanya sama. Ada pelanggan yang menyukai minuman kopi hitam yang manis, sedang, bahkan ada juga pelanggan yang menyukai kopi hitam yang pahit. Dengan kenyataannya seperti itu "Selera Pelanggan Tidak Semuanya Sama," maka yang harus kita lakukan adalah bisa membedakan mana saja pelanggan yang menyukai kopi hitam pahit, manis, dan sedang. Kita tidak boleh menyamakan hobi mereka, kalau mereka ingin tetap bertahan lama menjadi pelanggan.

2. Kerjakan pekerjaan kita dengan bijak, dan sampai selesai.

Terkadang ada pengusaha tidak bekerja secara bijaksana, bahkan ada pengusaha yang belum selesai mengerjakan satu pekerjaan, tapi mengerjakan pekerjaan yang baru. Perihal seperti ini tidak patut kita tiru, dan harus ditinggalkan. Kita harus bisa menyikapi pekerjaan dengan baik, dan disiplin. Tidak boleh sembarangan, dan ceroboh apabila kita menginginkan para pelanggan lama tetap bisa menikmati produk, dan kinerja kita.

Contoh sederhananya sama seperti contoh di atas. Ketika kita adalah pengusaha makanan, dan minuman, kita harus bersikap adil, dan bijaksana. Saya sampaikan ini, karena terkadang saya menjumpai pedagang yang mendahulukan pelanggan yang dikenal, walaupun masih banyak pelanggan baru yang sudah lama antri. Walaupun tujuan utama kita adalah mempertahankan pelanggan lama, tapi kalau kita bersikap seperti itu, "mendahulukan pelanggan yang dikenal walaupun baru datang, sedangkan masih banyak pelanggan baru yang antri," maka tidak menutup kemungkinan banyak pelanggan yang akan kabur, karena mereka beranggapan, "Ah. ..pedagang itu pilih kasih, dan tidak bijaksana dalam melakukan pekerjaannya."

3. Tetap Memasarkan produk.

Langkah pemasaran produk tidak hanya dilakukan oleh pengusaha baru. Pengusaha lama pun harus tetap memasarkan produk mereka. Terlebih, jika kita mempunyai produk yang kiranya ada bedanya dengan produk yang lama. Tentu, kita harus memasarkan produk baru tersebut, agar pelanggan lama, atau baru bisa mengetahui, dan merasakannya.

Langkah promosi atau memasarkan produk tidak susah dilakukan untuk era sekarang yang serba internet. Kita bisa memanfaatkan internet, dan cukup menggunakan hp Android untuk memasarkan produk. Beda pada zaman dahulu yang mana perkembangan internet belum banyak yang mengetahuinya. Untuk itu, kita bersyukur dilahirkan dan menjumpai era perkembangan internet, dan Android yang sangat tajam. Dan, apabila ingin lebih jelasnya tentang pemasaran produk, bisa anda baca di sini ( tips ampuh memasarkan produk ).

4. Memberikan Sebuah Pelayanan yang Ekstra Kepada Pelanggan.

Memberikan pelayanan yang terbaik adalah faktor yang menyebabkan kesetiaan para pelanggan, tapi pelayanan baik belum tentu mempunyai kualitas yang ekstra. Maksudnya seperti apa, ? Maksudnya adalah, memberikan pelayanan berkualitas baik terhadap pelanggan memang sudah cukup, tapi lebih baiknya menambah pelayanan tersebut menjadi sebuah pelayanan yang ekstra.

Bagaimana, apakah anda sudah dapat mencerna dari apa yang telah saya ucapkan di atas, ? Mungkin diantara anda ada yang belum memahaminya, maka dari itu tetaplah membaca. Yang saya maksudkan, adalah kita kalau bisa memberikan bonus kepada para pelanggan lama. Kalau berbicara tentang pelayanan yang baik, itu memang harus dilakukan, dan kalau masalah pelayanan yang ekstra, itu boleh kita coba. Dan memberikan bonus kepada pelanggan lama, adalah yang saya maksudkan dengan "Pelayanan Ekstra."

5. Mempunyai Kelebihan Tersendiri dari yang lainnya.

Jempol cara mempertahankan pelanggan lama agar tetap loyal dengan kelebihan kita tersendiri
Pixabay.
Jika kita ingin menjadi pengusaha yang mempunyai pelanggan tetap, dan setia, langkah selanjutnya adalah melihatkan atau membuktikan kepada mereka bahwa usaha kita mempunyai kelebihan tersendiri yang mana kelebihan tersebut belum tentu dimiliki oleh pengusaha lainnnya.

Kelebihan sesuatu tidak melulu harus dalam segi produk, dan tempat. Kalau masalah kelebihan dalam segi produk, tentu kita harus mempunyai, tapi yang harus kita ketahui adalah kelebihan tidak hanya dalam bentuk produk yang berkualitas. Kita bisa menciptakan kelebihan baru dari kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen.

Semisal, dalam usaha dagang kita, dan pengusaha dagang sekitar belum mempunyai fasilitas yang diharapkan anak zaman sekarang, maka kita bisa menyiapkan fasilitas tersebut. Selagi fasilitas yang kita sediakan tidak menyalahi hukum agama, dan negara. Kalau kita memberikan fasilitas yang tidak baik, karena demi kepuasan pelanggan, maka jangan disesali apabila usaha kita justru bangkrut.

Yang saya maksud dari menyediakan fasilitas yang menambah kepuasan pelanggan adalah fasilitas yang positif. Contoh ; kita menyediakan Wifi gratis guna mempermudah anak muda belajar, mengerjakan tugas sekolahan, dan lain sebagainya. Coba bayangkan jika anak sekolah nongkrong ke warung tapi ternyata yang mereka lakukan adalah hal positif seperti mengerjakan tugas, dll.

Tentu, dengan perihal ini, usaha kita mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan lainnya. Manfaat ketika memberikan fasilitas yang positif tidak hanya dirasakan oleh konsumen, tapi dirasakan juga oleh kita sebagai pengusaha. Karena, kita masih dimungkinkan besar akan kedatangan pelanggan baru, karena menyediakan fasilitas tersebut.

6. Tetap, dan berusaha menemukan inovasi baru.

Jempol cara mempertahankan pelanggan lama agar tetap loyal dengan inovasi baru
Pixabay.
Apabila kita sudah bisa menemukan inovasi baru, sebenarnya itu bisa menyebabkan pelanggan kita akan tetap setia, karena sesuatu yang baru memang banyak yang penasaran. Sehingga, mereka tidak akan bosan kalau kita berusaha menemukan inovasi baru.

Mungkin anda pernah mengetahui atau membaca, bahwa kebanyakan manusia suka dengan sesuatu yang baru. Walaupun tidak semua manusia menyukai hal yang baru. Saya katakan hanya kebanyakan manusia. Jadi, apa salahnya jika kita memberikan sesuatu yang baru kepada konsumen. Barangkali adanya sesuatu yang baru tersebut bisa mempertahankan pelanggan, bahkan bisa mendatangkan pelanggan baru.

Tapi, ini biasanya dilakukan oleh pengusaha keterampilan, dan seni. Jika kita sebagai pengusaha dagang, boleh mencoba membuat inovasi-inovasi baru yang kiranya banyak peminatnya. Buat apa juga kita membuat sesuatu yang baru, tapi kurang pelanggan yang menyukainya. Jadi, kita pikirkan terlebih dahulu apa yang harus diperbaharui, dan apa yang harus dipertahankan.

7. Membuat Momen tertentu.

Jempol cara mempertahankan pelanggan lama agar tetap loyal dengan makan, kumpul yang positif
Pixabay.
Sesekali kita sebagai pengusaha membuat moment tertentu dengan para pelanggan. Dengan adanya momen atau acara tertentu tersebut, dari pihak pelanggan merasa di berikan sesuatu yang spesial. Mungkin ini biasa dilakukan oleh pengusaha-pengusaha di sana. Saya katakan mungkin, karena saran untuk membuat moment tertentu ini adalah pemikiran saya.

Maksudnya seperti ini. Apa salahnya jika kita membuat acara khusus untuk para pelanggan. Tapi, acara tersebut adalah acara yang positif. Jangan hanya mengadakan kumpul-kumpul untuk makan bareng, tapi harus ada sesuatu yang positifnya. Kita bisa menjadikan acara makan bareng hanya sebagai pemanis, dan acara intinya adalah tasyakuran ( wujud sukur kita kepada Allah Swt).

Kalau kita mengadakan acara tertentu hanya untuk makan, dan kumpul bareng, tentu itu akan rugi, karena hal semacam itu tidak perlu dilakukan. Tapi berbeda jika kita mengadakan kumpul, dan makan bareng karena rasa terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebab, kalau kita mengadakan acara tersebut karena rasa syukur, tentu di dalam acara tersebut ada hal yang positif, semisal membaca manakib, tahlil, atau lainnya.

Saya sampaikan itu, karena seringkali saya melihat dari kaum lelaki, dan wanita mengadakan momen-momen tertentu tapi sebatas kumpul, dan makan bareng. Menurut saya, moment tersebut tidak perlu dilakukan, bahkan tidak usah dilakukan, karena masih ada dampak negatif yang terjadi, semisal melakukan maksiat menjadi lebih mudah. Sangat disayangkan apabila kita sebagai pengusaha hanya mengadakan kumpul, dan makan bareng, tanpa diadakan sesuatu yang positif. Kiranya seperti itu yang dapat saya sampaikan, dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, dan kiranya kurang keren jika anda tidak berkomentar untuk memberikan kritik, saran, dan lain sebagainya. Tapi jangan masukkan link aktif, karena sudah banyak komentar yang saya hapus sebab menggunakan link aktif.